Mengenal Lebih Dekat: Gunung Fuji

Gunung Fuji

Gunung Fuji dilihat dari Pagoda Chureito



Gunung Fuji (富士山 Fuji-san) adalah sebuah gunung yang terletak di Prefektur Shizuoka dan Prefektur Yamanashi, kira-kira 100 km dari Tokyo Jepang. Gunung ini memiliki ketinggian setinggi 3.776 m, sehingga menempatkan gunung ini sebagai gunung tertinggi di jepang, ke-2 di asia dan ke-7 di dunia. Gunung ini sering disebut sebagai gunung terindah di jepang, bahkan di dunia, karena jika cuaca cerah maka kita akan mendapatkan view indah gunung ini, dengan salju yang berada di bagian atas gunung ini.

Gunung fuji merupakan simbol dari negara jepang, selain bunga sakura, sering kita lihat foto-foto, lukisan, atau baju yang dengan gamabar gunung ini, dan rasanya belum lengkap, jika sudah mengunjungi negara jepang namun belum melihat keindahan gunung ini. Walaupun gunung ini masih dianggap aktif, namun gunung berbentuk stratovulkanik ini terakhir meletus oada tahun 1707-1708 sehingga bisa dianggap masih aman.

Legenda

Gunung jepang dianggap sebagai 1 dari 3 gunung suci di jepang, selain gunung tate dan gunung haku. Karena itu, menurut kepercayaan orang jepang, gunung ini dianggap keramat dan suci karena dipercaya disana terdapat banyak dewa ataupun dewi penunggu gunung ini. Konon, wanita dulu dilarang naik ke gunung fuji, karena dapat menyebabkan gunung fuji/dewinya cemburu. Selain itu, diceritakan juga terdapat makhluk mitologi berbentuk siput setengah ular bernama Sokou. Sampai saat ini masih ada orang jepang yang percaya bahwa meletusnya gunung fuji disebabkan oleh dengkuran sokou.

Geografi

Gunung Fuji terletak di dekat pantai pasifik pulau honshu, lebih tepatnya di perbatasan antara prefektur shizuoka dan prefektur yamanashi, atau di barat kota tokyo. Gunung yang memiliki ketinggian 3.776 m ini dikelilingi oleh 4 kota yaitu Gotemba di selatan, Fujiyoshida di utara, Fujinomiya di barat daya, dan juga Fuji di selatan. Selain itu gunung ini juga dikelilingi oleh 4 danau yaitu: Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu, dan juga Danau Shoji. Gunung ini saat ini berada di area Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu. Gunung ini dapat dilihat dengan jelas dari Yokohama dan Tokyo. Bahkan jika cuaca dan langit cerah, maka gunung ini dapat dilihat dari Chiba, Saitama, Tochigi, dan Ibaraki. Terkadang kita dapat melihat gunung ini saat kita naik kereta cepat shinkansen.

Hutan Aokigahara

Hutan Aokigahara terletak di barat laut gunung fuji, berada di prefektur yamanashi. konon legenda mengatakan hutan aokigahara merupakan tempat tinggal dari Yūrei dan Yokei, makhluk mitologi jepang yang dikatakan menghantui hutan ini, hutan kali ini sering dikenal sebagai tempat bunuh diri paling populer ke-2 di dunia setelah Jembatan Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat. Sejak tahun 1950 terhitung lebih dari 500 orang mengakhiri hidupnya di hutan ini. Setidaknya ada 30 orang pertahun bunuh diri disini dan juga angka kematian tertinggi di tempat ini terjadi pada tahun 2002 dimana ada sekitar 80 orang meninggal di hutan ini. Untuk mengurangi angka bunuh diri hutan ini, pemerintah setempat membuat tulisan atau peringatan, agar setiap orang yang ingin bunuh diri, berpikir lebih jernih terlebih dahulu.

Pendakian


Terdapat 4 rute pendakian gunung Fuji yaitu: Rute Yoshida, Subashiri, Gotemba Fujinomiya masing-masing dilambangkan sebagai berikut

Untuk saat ini, rute pendakian tersebut dibuka pada tanggal 10 juli dan ditutup pada 10 september.
1. Rute Yoshida


Rute Yoshida sering disebut rute yang unik karena, rute untuk naik dan rute untuk turunnya berbeda. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendaki adalah sekitar 6 jam, sedangkan turunnya hanya 4 jam. Rute ini adalah rute paling ramai di pendakian gunung ini dimana sekitar 172.657 orang mendaki gunung fuji melalui rute ini.
2. Rute Subashiri

Rute subashiri juga salah satu yang Unik juga karena rute untuk naik dan rute untuk turun juga berbeda, dan juga di pos yang ke-8 ada pertemuan dengan rute yoshida sehingga akan cukup ramai untuk mendaki melewati rute ini.
3. Rute Gotemba

Rute ini merupakan rute paling panjang dari ketiga jalur lainnya karena rute ini dimulai dari 1.450 meter diatas peemukaan laut namun dengan rute yang cukup terjal, rute ini juga merupakan rute paling sepi, dimana hanya terdapat sekitar  18.000 orang yang mendaki melewati rute ini.
4. Rute Fujinomiya

Rute ini merupakan rute paling pendek dari rute-rute lainnya, namun rute Ini juga merupakan rute paling ramai setelah rute yoshida karena pada tahun 2017 lalu ada sekitar 70.000 orang mendaki melewati rute ini

Referensi
http://www.fujisan-climb.jp/
https://www.japan-guide.com/
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Mount_Fuji/



Komentar